Tips Memilih Wortel Untuk Dibuat Jus

Tips Memilih Wortel Untuk Dibuat Jus

Hampir tidak ada orang yang belum tahu apa itu wortel. Jenis sayuran yang berwarna orange ini sangatlah terkenal di jagad raya. Diberbagai obrolan sering menjadi bahan pembicaraan. Umumnya karena wortel menjadi bahan menu untuk membuat masakan sayuran. Nila gizi dari wortel amatlah tinggi. Di dalam wortel terdapat banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Beberapa kandungan nutrisi dalam wortel, diantaranya: vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan serat. Wortel ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita, mengatasi sembelit, mengurangi resiko munculnya penyakit kanker, dan menurunkan kolestrol di dalam tubuh kita. Manfaat lainnya yang bisa kita peroleh yakni wortel dapat memperlambat proses penuaan.

Ketika kita telah melihat begitu besar manfaat dari wortel ini maka akan sangat disayangkan bila kita tidak mau mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan wortel juga tidaklah sulit. Hampir semua penjual sayuran keliling selalu membawa wortel untuk dijual. Jika kita pergi ke pasar apalagi. Di sana akan kita temui banyak sekali wortel. Kita bisa membeli wortel dengan harga yang amat murah. Sayuran ini sangatlah terjangkau untuk seluruh kalangan. Maka sangatlah wajar bila begitu banyak ibu rumah tangga yang memasak sayuran wortel ini di rumah.

Wortel tidak hanya dibuat sayuran saja. Kita bisa menikmati wortel secara langsung. Ketika ada wortel kita cuci bersih dengan air mengalir dan langsung kita bisa memakannya. Rasanya pun juga lumayan enak. Tidaklah pahit. Ketika sudah terbiasa maka makan wortel secara langsung seperti halnya makan buah-buahan. Cara lain dalam makan wortel yakni dengan membuatnya jus terlebih dahulu. Jus wortel sangatlah terkenal. Ia menjadi minuman pilihan di samping beberapa jenis jus yang lainnya. Jus wortel sudah disukai oleh banyak orang sejajar dengan minuman seperti jus alpukat, jus apel, jus melon, dan lain-lain.

Ketika ktia membeli wortel maka kita tentu tidak asal beli saja. Kita mesti memilih wortel yang bagus dan baik kualitasnya. Apalagi bila kita hendak membeli wortel dengan tujuan ingin dibuat jus nantinya. Karakteristik wortel amat menentukan kualitas rasanya. Untuk mendapatkan wortel yang berkualitas baik maka kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Lihatlah warna dari wortel
    Wortel yang bagus untuk dipilih ialah yang memilki warna orange terang. Wortel seperti ini punya kandungan beta karoten yang lebih banyak. Warna wortel yang orange terang juga menandakan bahwa wortel tersebut masih muda. Lebih enak rasanya nanti kala dibuat jus. Jika kita memilih wortel yang sudah tua maka rasanya akan jauh berbeda ketika nanti dibuat jus.
  2. Perhatikan akar wortel
    Untuk mendapatkan wortel yang berkualitas maka penting untuk melihat juga akarnya. Tanda bahwa wortel tersebut baik kualitasnya yakni akarnya halus, berwarna terang, dan kuat.
  3. Melihat ukuran wortel
    Biasanya wortel yang bagus berukuran sedang. Bentuknya lancip,
  4. Melihat fisiknya
    Fisik wortel yang bagus dapat dilihat pada fisiknya, dalam hal ini pada kulitnya. Jika kulitnya mulus maka kemungkinan bagus kualitasnya. Pastikan pula tekstur wortel halus dan tak ada retakan sedikit pun juga.

Demikian tips memilih wortel untuk dibuat jus. Sangat pas pula bila ketika kita membeli wortel untuk dimasak sayur menggunakan tips tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *