Tips Memilih Kipas Angin

Tips Memilih Kipas Angin

Kipas angin bukan barang yang asing bagi semua orang. Kipas angin sudah banyak dimiliki oleh banyak orang. Tak terkecuali mungkin para pembaca pun juga memilikinya. Peralatan elektronik yang satu ini memiliki manfaat yang sangat besar saat udara di ruangan terasa panas. Di masa sekarang, saat siang hari suhu udara relatif begitu panas. Semua orang merasakan hal seperti ini. Bahkan di malam hari pun terkadang suhu udara juga terasa begitu panas. Adanya kipas angin sangat membantu untuk setidaknya mengurangi panasnya udara di ruangan.

Kipas angin juga sangat hemat energi listrik. Kalau dibanding dengan konsumsi listrik untuk AC maka kipas angin jauh lebih rendah kebutuhan dayanya. Harganya pun jauh lebih murah dibanding dengan AC. Ketika kita tidak memiliki kipas angin maka tentu berusaha untuk membelinya. Hal ini menjadi cara terbaik. Harga kipas angin juga tidaklah mahal. Amat terjangkau oleh masyarakat pada umumnya. Hanya saja ketika kita ingin membeli kipas angin maka perlu untuk memilihnya terlebih dahulu. Jangan asal membeli saja. Lalu bagaimana tipsnya saat mau membeli kipas angin. Nah, berikut ini ada beberapa tips penting tatkala kita akan membeli kipas angin.

  1. Mengecek ukuran kipas angin
    Ada kipas angin yang punya ukuran kecil dan ada pula yang besar. Terdapat pula yang sedang ukurannya. Ukuran besar atau kecil ini bisa kita lihat pada daun kipas atau baling-balingnya. Kita bisa memilih salah satu ukuran untuk digunakan di rumah kita. Sebelum memutuskan memilih maka perlu kita lihat luas ruangan yang akan dipasangi dengan kipas angin. Apakah ruangan itu besar dan luas ataukah sebaliknya yakni kecil dan sempit. Jika ukuran ruangan luas dan besar maka sangat pas bila kita memilih kipas angin dengan ukuran besar. Tetapi jika ukuran ruangan sempit maka kita perlu memilih kipas angin yang berukuran kecil saja. Ukuran kecil biasanya harganya pun lebih murah.
  2. Melihat tebal atau tipis baling-baling kipas
    Ketebalan baling-baling kipas angin begitu bervariasi. Ketika baling-baling ini lebih tebal maka akan menjadi lebih awet dari kerusakan. Khususnya pada bagian baling-baling tersebut. Ditambah juga angin yang dihasilkan pun akan lebih kencang.
  3. Memperhatikan fitur di dalam kipas angin itu
    Beberapa kipas angin sekarang memiliki berbagai fitur yang memanjakan para pembeli. Sebagai contoh, untuk menyalakan kipas angin kita sekarang bisa lakukan dari jarak yang jauh. Tanpa menyentuh kipas angin saja kita bisa menyalakannya. Ada peralatan yang ditambahkan pada kipas angin yakni remote control. Dengan remote control maka kita bisa juga mengatur kecepatan kipas angin dari kejauhan. Beberapa kipas angin juga memiliki mode rhythm. Pada mode ini angin yang dihasilkan hanya sejuk saja dan nyaman dirasakan. Model lainnya yang penting ialah kita pilih kipas angin yang punya fitur swing sebab dengan fitur tersebut maka angin bisa lebih merata ke seluruh ruangan. Memiliki fitur timer juga hal penting. Sebaiknya kita pun memilih kipas angin yang ada fitur timernya. Termasuk pula fitur sensor suhu. Sangat membantu sekali fitur sensor suhu ini. Kala suhu sedang naik maka kipas angin akan mampu menyesuaikan kecepatannya. Sedangkan saat suhu turun sampai dingin maka kipas angin akan berhenti dengan sendirinya.
  4. Memilih yang lebih hemat daya
    Harga tarif dasar listrik saat ini tidaklah begitu murah. Kita harus pula memperhatikan masalah kebutuhan daya listrik pada kipas angin yang akan kita beli. Sebaiknya kita memilih kipas angin yang hemat daya.
  5. Suara kipas angin
    Menggunakan kipas angin yang mengeluarkan suara memang kurang menyenangkan. Khususnya di kala kita sedang tidur. Suara berisik dari kipas angin menjadi tidur kurang begitu nyenyak. Sebaiknya memilih kipas angin yang tidak bising. Kalau pun kipas angin mengeluarkan suara maka pilihlah yang suara sekecil mungkin.
  6. Mengecek bahan kipas angin
    Bahan yang bagus tentu akan menjadikan kipas angin lebih awet. Maka sebelum membeli perlu kita mengecek betul bahan apa yang ada pada kipas angin tersebut. Semakin bagus bahannya maka kipas angin tersebut bisa disebut berkualitas.

Demikian semoga artikel ini menambah manfaat untuk para pembaca semuanya. Kipas angin bukan termasuk barang yang mewah. Semua orang berhak memilikinya untuk mendapatkan kenyamanan saat di dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *