Peluang Usaha Wedang Ronde

Peluang Usaha Wedang Ronde

Minuman tradisional wedang ronde sangatlah enak dan segar rasanya. Kehangatannya menjadikan banyak orang yang ingin untuk menikmatinya. Kerinduan dengan minuman wedang ronde membuat tidak sedikit orang yang rela keluar dari rumah di waktu malam. Dinginnya malam hari tidaklah menjadi persoalan asalkan bisa mendapatkan minuman yang menghangatkan badan ini. Di musim hujan pada malam hari umumnya begitu dingin sekali. Sangat cocok untuk minum wedang ronde ini. Meski pun di musim kemarau pun cocok pula untuk menikmati wedang ronde ini. Jadi, minuman wedang ronde cocok untuk segala musim.

Tidak hanya sekedar dijadikan minuman penghangat badan wedang ronde ini. Namun, wedang ini bisa dijadikan jamu juga. Ada banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita bila mau meminumnya. Semuanya tidak terlepas dari bahan-bahan untuk membuat wedang ronde tersebut. Diantara bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wedang ronde antara lain: air panas, kolang kaling, roti tawar, tepung ketan, garam, kacang tanah, gula merah, serai, jahe yang sudah dimemarkan, daun pandan, dan daun jeruk. Cukup lengkap memang bahan-bahannya. Untuk manfaat dari wedang ronde ini, yaitu: dapat menurunkan kolestrol, mencegah serangan jantung, menyembuhkan perut kembung, membantu meredakan sakit kepala, serta membantu mengobati diabetes. Singkatnya wedang ronde ini amat penting untuk diminum. Semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua bisa mengkonsumsinya.

Dari begitu banyak manfaat dan orang yang menyukai wedang ronde ini kita bisa mengambil peluang usaha yang amat bagus untuk dijalankan. Kita bisa menjadi penjual dari wedang ronde. Bisnis ini cukup prospek mengingat begitu banyak manfaat dari wedang ronde dan juga penggemarnya ada dimana-mana. Sebagian besar orang yang menjual wedang ronde menggunakan gerobak yang bisa didorong oleh pemiliknya. Sang penjual berjalan kaki menyusuri jalan-jalan raya dan gang masuk ke perkampungan untuk menjajakannya. Namun untuk saat ini, tidak sedikit yang menggunakan sepeda motor untuk mengangkut gerobak dari wedang ronde. Dengan penjual mengendarai sepede motor maka jangkauan untuk penjualannya akan lebih luas. Di samping itu, ia tidak begitu lelah karena tidak lagi mendorong gerobaknya yang lumayan berat bebannya.

Melihat begitu prospeknya peluang usaha wedang ronde ini maka sangatlah pas bila kita memulai merintisnya. Karena kita sebagai pemain pemula maka penting untuk kita memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  1. Pelajari dulu cara membuat wedang ronde
    Memang untuk resep membuat wedang ronde ini banyak sekali dan mudah kita peroleh. Baik dari media online maupun offline. Namun, pada prakteknya tidaklah semudah dengan yang tertulis. Khususnya bila kita berkeinginan mendapatkan rasa wedang ronde yang benar-benar enak dan segar. Kita mesti belajar kepada ahlinya. Mau tidak mau kita mesti belajar terlebih dahulu agar bisa menghasilkan rasa yang pas dengan keinginan pembeli.
  2. Menyiapkan gerobak
    Gerobak amat penting karena ini adalah tempat kita menaruh semua bahan wedang ronde. Kita mesti membuat atau menyiapkan gerobak yang desainnya praktis dan syukur bisa menarik perhatian banyak orang.
  3. Berikan harga yang pas
    Pembeli akan mau membeli bila harga yang kita tentukan itu pas atau terjangkau bagi mereka. Kalau harga yang kita berikan terlalu mahal maka bisa jadi wedang ronde tidak akan laku keras di pasaran. Harga juga disesuaikan dengan para penjual wedang ronde yang lainnya.
  4. Berikan pelayanan penjualan yang baik
    Pembeli sangat senang dilayani dengan ramah dan sopan. Sebaiknya hal ini anda lakukan agar para pembeli semakin senang dengan anda.
  5. Memberikan diskon
    Ketika ada pembeli yang telah menjadi pelanggan setia, alangkah baiknya diberikan diskon. Misalnya saja ketika membeli lebih dari lima mangkuk maka ada bonus satu mangkuk.

Menarik memang berbisnis wedang ronde ini. Suasana tradisional begitu melekat dan menyatu. Ketika banyak orang yang menginginkan minuman tradisional untuk saat ini maka hadirnya wedang ronde bisa menjawabnya. Usaha ini begitu prospek untuk digeluti dan ditekuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *