Mengenal Perbedaan Modem dan Router

Mengenal Perbedaan Modem dan Router

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya modem. Di samping itu, kita tidaklah juga asing dengan kata router. Ketika membahas masalah jaringan internet maka akan sering bersinggungan dengan modem dan router. Terutama untuk mereka yang berkecimpung di dalam bidang teknologi informasi. Tetapi, orang awam pun di zaman seperti sekarang ini rasanya sedikit yang tak mengenal modem. Kala laptop atau komputer kita ingin mendapatkan jaringan internet maka kita perlu membeli modem. Selanjutnya, modem tersebut kita pasangi dengan kartu nomor telepon. Ada lagi yang namanya router. Mungkin tidak sedikit yang masih bingung dengan modem dan router. Sehingga tidak sedikit pula yang menyamakan antara keduanya.

Untuk lebih memahami kedua perangkat tersebut maka kita perlu mengenalnya satu per satu. Selanjutnya kita bisa membedakannya nanti. Pertama kita akan membahas tentang modem. Alat ini adalah sebuah perangkat yang dipakai untuk perantara antara komputer dan laptop dengan penyedia jasa layanan internet atau ISP (Internet Service Provider). Dengan tersambungnya komputer dan laptop dengan modem maka akan menjadikan terhubung dengan internet. Perangkat komputer dan laptop akhirnya bisa dipakai untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan internet.

Modem sendiri sebetulnya merupakan kependekan dari dua kata Modulator dan Demodulator. Dari dua kata ini kita bisa mengambil sebuah kesimpulan akan fungsi dari modem. Sebagai modulator maksudnya dapat mengunah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang akan siap untuk dikirimkan. Kemudian sebagai demodulator maksudnya dapat memisahkan sinyal yang isinya informasi dari sinyal pembawa yang terima. Dengan begitu para user atau pengguna bisa mendapatkan informasi dengan mudah, bagus, serta tanpa kendala.

Untuk bisa terhubung dengan internet, ada beberapa sinyal yang harus dimiliki. Jika kita memakai smartphone maka jenis sinyal radio yang dipakai. Ada pula yang memakai fiber optic, sinyal elektrik, dan juga satelit. Sebagai contohnya, saat kita mengupload foto di akun media sosial lewat smartphone maka modem di smartphone kita mengubah sinyal digital menjadi sinyal radio yang dapat dipahami atau dimengerti oleh perangkat radio di operator nomor telepon yang kita pilih.

Modem sendiri ada banyak jenisnya. Tidak hanya satu jenis saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami tulis beberapa jenis modem.

  1. Modem DSL atau Digital Subcriber Line
    Modem ini cara kerjanya dengan menghubungkan personal computer ke internet yang berkualitas tinggi dan kecepatannya bagus. Penggunan jenis modem ini dapat mengakses internet dan juga berbicara di telepon.
  2. Modem GSM
    Pada jenis ini, modem memakai jaringan telepon seluler menjadi sistem untuk proses transfer data antara perangkat. Modem ini amat murah dan penggunaanya pun cukup mudah.
  3. Modem Analog
    Modem ini mengubah data yang diterima menjadi bentuk digital ke komputer dengan jaringan transmisi. Atau bisa pula bekerja sebaliknya. Sering pula disebut modem dial up.
  4. Modem CDMA (Code Division Multiple Access)
    Jenis modem ini tanpa menggunakan kabel. Bentuknya mirip dengan modem GSM tetapi frekuensinya berbeda.
  5. Modem kabel
    Modem ini merupakan perangkat keras dari jaringan komputer yang terhubung dengan sambungan TV kabel untuk menyambungkan internet.

Lalu yang kedua kita akan membahas apa itu router. Alat ini merupakan perangkat yang fungsinya membuat jaringan lokal. Ketika kita punya beberapa perangkat di sebuah tempat maka dengan alat router ini kita bisa bertukar data. Tentu saja jangkauan dari router ini ada batasannya. Untuk kita bisa berinternet maka tidak mesti harus dengan router. Sebab fungsi dari router ini untuk menjadikan banyak perangkat di satu tempat bisa berinternet secara bersamaan.

Dari penjelasan di atas maka kita bisa membuat kesimpulan tentang perbedaan modem dan router.
Bahwasannya modem berfungsi agar perangkat dapat terhubung ke jaringan internet. Sedangkan router digunakan untuk membuat banyak perangkat bisa mengakses internet secara bersamaan. Router juga tidak mesti untuk terhubung dengan internet. Kalau hanya ingin berinternet sendiri maka tidaklah perlu menggunakan router.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *