Cara Merawat Smartphone Agar Awet

Cara Merawat Smartphone Agar Awet

Merawat smartphone sangatlah penting untuk dilakukan. Barang smartphone sudah banyak dimiliki oleh masyarakat. Di zaman ini hampir tak ada orang yang tak memilikinya. Di berbagai kesempatan selalu saja kita saksikan orang-orang yang memegang smartphone. Bahkan saat berkendaraan pun tidak jarang orang memegang smartphone. Seperti orang yang naik mobil dan naik sepeda motor. Meskipun hal tersebut kurang baik dilakukan sebab berbahaya di dalam berkendaraan di jalan. Namun, ilustrasi tersebut menggambarkan betapa banyak frekuensi kita menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Tertinggalnya smartphone di rumah bisa menjadikan kita harus kembali untuk mengambilnya. Ini dilakukan karena pentingnya barang smartphone tersebut. Komunikasi dengan orang lain akan terganggu tatkala alat komunikasi ini tidak dibawa. Karena smartphone itu sangat penting maka kita perlu menjaga dan merawatnya agar tetap awet. Harga dari smartphone juga relatif agak mahal sehingga kalau rusak maka kita bisa merasa sedih dan susah karena harus membeli yang baru lagi. Keluar uang lagi sehingga hal itu bisa mengurangi tabungan kita. Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat smartphone agar tetap awet tahan lama. Smartphone kesayangan kita tentu perlu diperhatikan selalu. Nah, berikut ini ada beberapat cara agar smartphone bisa lebih awet.

  1. Miliki pelindung tambahan pada smartphone
    Pada layar kita bisa pasangi dengan tempered glass sehingga akan lebih aman bila terkena goresan. Karena frekeuensi penggunaan dari smartphone sangat tinggi maka maka sangat potensial layarnya bisa tergores. Pemasangan tempered glass sangat penting untuk perlindungan dari goresan. Untuk case pun perlu kita pasangi dengan pelindung juga. Ada berbagai macam bahan dan motif dari case ini. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan hati. Di samping, ada manfaat untuk perlindungan tetapi ada juga sisi yang menambah keindahannya. Sangat rentan smartphone ini jatuh ke lantai. Baik itu saat dipakai maupun dikantongi. Kala smartphone sudah dipasangi case tambahan maka akan lebih aman dan tidak akan mudah pecah bodynya bila jatuh ke lantai.
  2. Hapuslah widget bila tak dibutuhkan
    Smartphone yang kita pakai umumnya terdapat banyak widget. Semakin banyak widget yang terpasang maka beban pada sistem juga bertambah. Maka sangatlah penting untuk kita menghapusnya bila tak dipakai.
  3. Peliharalah kondisi baterai smartphone
    Bagian smartphone yang penting adalah baterainya. Bila baterainya mati maka smartphone akan tidak bisa dinyalakan. Maka baterai sangatlah penting untuk selalu dijaga agar tetap awet. Jangan sampai baterai terkena percikan air. Hanya percikan air saja tidak boleh apalagi bila sampai tercelup air. Ketika dalam mengisi daya baterai atau charger pun harus mengetahui aturannya. Ketika daya baterai sudah penuh maka sebaiknya dicabut. Smartphone pun perlu segera diisi daya baterai saat sudah masuk di bawah 20 %. Di tanda baterai ada tulisannya. Kita mesti jeli memperhatikannya. Jangan sampai smartphone mati dengan sendirinya karena lupa diisi daya. Kondisi ini akan mengakibatkan baterai smartphone tidak awet.
  4. Hindari dari serangan malware maupun virus
    Munculnya malware dan virus akan sangat merepotkan kita. Smartphone pun akan menjadi mudah rusak ketika terkena malware dan virus. Perlunya kita memasang antivirus sehingga akan lebih aman.
  5. Memencet tombol di smartphone dengan berhati-hati
    Pada umumnya pada smartphone itu terdapat empat tombol, yaitu: tombol power, volume, naik, volume turun, dan home. Saat kita memencet atau menekan tombol tersebut maka mesti berhati-hati. Bahan-bahannya sangat mudah patah. Jika terlalu keras atau kasar sangat mungkin tombol di smartphone menjadi patah atau rusak.
  6. Menjaga kebersihan smartphone
    Pastikan smartphone dalam kondisi bersih. Debu-debu yang menempel pada smartphone mesti dibersihkan secara berkala.

Dengan kita merawat smartphone dengan baik maka ini keawetan dari peralatan komunikasi ini. Akan merugi bilamana kita tidak mengetahui cara mudah merawat smartphone tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *