Cara Memilih Buah Sawo Yang Matang

Cara Memilih Buah Sawo Yang Matang

Sawo menjadi buah yang amat terkenal di seluruh nusantara. Pohon sawo juga banyak terdapat di berbagai tempat. Di kampung-kampung sering kita temui pohon saw yang menjulang tinggi. Rimbun daunnya sehingga sangat cocok pula untuk dijadikan pohon perindang. Di saat cuaca yang panas seperti sekarang ini manfaat dari pohon perindang sangatlah besar. Tanaman perindang mampu menjaga suhu udara di sekitarnya menjadi tetap dingin meskipun di siang hari yang panas menyengat.

Buah sawo rasanya manis. Rasanya khas tidak sama dengan buah yang lainnya. Segarnya sawo memang luar biasa. Pas sekali dijadikan menu buah-buahan di rumah. Seluruh keluarga pastinya akan suka. Orang yang menjual buah sawo ini juga banyak sekali. Kalau saat lagi musim sawo maka di berbagai toko buah sawo begitu mendominasi. Tidak hanya di toko buah. Di berbagai tempat lainnya pun kita menemui orang yang berjualan sawo. Ada yang sudah matang dan ada yang belum. Harga dari sawo cukup murah dan terjangkau sekali dibeli oleh berbagai kalangan.

Kalau kita mempunyai pohon sawo maka kita tinggal memetiknya ketika sudah siap dipetik. Namun, ketika kita belum memiliki pohon sawo maka bisa mulai menanamnya. Itu pun kalau kita punya lahan sendiri. Bila tidak punya lahan maka tentu tak bisa menanamnya. Namun janganlah terlalu khawatir. Ketika kita ingin menikmatinya maka tinggal kita beli saja di warung atau toko buah. Namun, agar kita bisa mendapatkan buah sawo yang matang dan berkualitas baik maka perlu memilihnya terlebih dahulu sebelum dibawa pulang. Jangan sampai keliru ketika dalam memilih sehingga kita mendapatkan buah sawo yang sesuai harapan. Untuk cara memilih sawo yang matang dan bagus kualitasnya, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Lihatlah bentuknya
    Pada umumnya buah sawo ini bulat bentuknya. Akan tetapi, ada pula buah sawo yang tidak bulat benar. Ada sedikit lonjong misalnya. Buah sawo yang berbentuk bulat sempurna relatif berkualitas lebih baik dari pada yang lonjong.
  2. Melihat warna kulit sawo
    Kita juga perlu melihat dengan jeli warna dari kulit buah sawo. Buah sawo yang sudah matang maka akan terlihat kulitnya berwarna coklat tua. Warna coklat tuanya pun merata ke seluruh permukaan buah sawo. Jelas matangnya sempurna kalau begini. Tetapi kalau warnanya masih coklat muda maka belum matang buah sawo tersebut.
  3. Melihat fisik buahnya
    Kita juga perlu melihat kondisi buah sawo yang akan kita beli. Pastikan buah sawonya tidak bonyok atau memar. Buah sawo yang kondisi fisiknya seperti itu yakni ada memarnya maka biasanya rasanya tidak begitu enak.
  4. Mengecek apakah ada bekas getah kering di kulit buah sawo
    Kita mesti melihat permukaan kulit sawo. Bila pada kulitnya ada bekas getah kering maka ada cacat di buah sawo tersebut. Maka biasanya buah sawo itu saat memetiknya masih terlalu muda. Buah sawo yang memetiknya terlalu muda maka rasa manisnya tidak akan maksimal. Berbeda ketika kita memetik sawo saat sudah tua. Rasa manisnya akan mantap sekali. Perlu diketahui juga ketika sawo dipetik saat sudah tua maka tidak akan keluar getah dari tangkai buahnya.
  5. Pilih juga yang empuk daging buahnya
    Bila daging buahnya empuk maka umumnya sawo sudah matang. Namun, ketika buah sawo dagingnya terlalu lembek maka buah sawo terlalu matang. Rasanya tentu tidak akan begitu enak.

Sangat sederhana ternyata cara memilih buah sawo itu. Semua orang bisa dengan mudah melakukannya. Dengan begitu maka kita akan mendapatkan buah sawo yang matang dan sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *