Cara Memilih Buah Manggis Yang Bagus

Cara Memilih Buah Manggis Yang Bagus

Kita setiap hari membutuhkan buah untuk dikonsumsi. Jenis buah yang ada di bumi ini amat sangat banyak. Kita bisa memilihnya untuk dimakan. Salah satunya adalah buah manggis. Jika saat lagi musim maka sangat mudah kita memperolehnya. Tidak perlu kita pergi ke toko buah atau pasar buah untuk sekedar membeli buah manggis ini. Ketika bepergian ke luar rumah maka akan sangat banyak orang yang menjualnya di pinggiran jalan raya. Ada yang memakai mobil terbuka, sepeda motor, dan ada juga yang hanya membuat lapak sederhana. Orang yang menjadi penjual buah manggis dengan berkeliling lewat gang-gang kampung juga ada.

Buah manggis selain dikenal manis rasanya juga begitu banyak manfaatnya. Tak heran jika para pencinta buah manggis ini banyak. Mereka suka betul makan buah manggis. Manfaat dari buah manggis diantaranya buah tersebut dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan badan, dapat mencegah dari penyakit kanker yang berbahaya, menjadikan kulit lebih kencang, dan mampu mengobati menstruasi. Mungkin masih ada banyak lagi manfaat dari buah manggis ini.

Mendengar banyaknya orang yang menyukai buah manggis maka tidak mengherankan bila pembeli dari buah manggis ini begitu banyak. Suatu ketika kita pun akan membeli pula buah tersebut. Harapannya buah manggis yang dibeli adalah yang manis dan segar tentu. Biasanya, sebelum membeli kita melihat-lihat dulu buah tersebut. Memeriksa apakah buah manggis yang akan kita beli manis dan sudah matang. Untuk bisa memilih buah manggis yang manis dan bagus maka ada caranya. Berikut ini beberapa tips memilih buah manggis yang bagus dan berkualitas.

  1. Lihatlah tangkainya
    Pada buah manggis yang berkualitas baik maka kita bisa lihat warna tangkainya. Untuk buah manggis yang berkualitas baik maka tangkainya berwarna hijau dan kelihatan segar.
  2. Lihatlah pula warna kulitnya
    Untuk mendapatkan buah manggis yang benar-benar matang, manis dan enak rasanya kita juga perlu melihat warna kulitnya. Jika kulit manggis berwarna ungu tua maka jelas buah manggis tersebut benar-benar sudah matang dan akan manis rasanya. Buah manggis pada kondisi ini sudah siap dinikmati.
  3. Memeriksa tekstur kulit buah manggis
    Pada buah manggis yang manis maka kita bisa mengecek kulitnya. Buah manggis yang manis bila kita tekan kulitnya maka akan terasa lembut dan empuk. Ini menandakan matangnya sempurna. Jika kulit manggis kasar maka ada dua kemungkinan. Bila warna kulitnya kehitam-hitaman maka kasarnya kulit ini menandakan bahwa manggis sudah terlewat matangnya. Namun jika kulit buah manggis ini warnanya hijau berarti buah manggis masih terlalu muda. Belum enak dimakan.
  4. Bisa pula kita mengecek manggis dengan memasukkan ke dalam air
    Ketika buah manggis dimasukkan ke dalam air dan buah manggis tersebut mengapung maka berarti buah manggis masih bagus kualitasnya. Tetapi kalau buah manggis tersebut tenggelam maka kemungkinan besar tidaklah baik kualitasnya.
  5. Lihatlah juga apakah ada getah kuning di kulitnya
    Jika terdapat getah berwarna kuning maka itu kurang baik kualitasnya. Biasanya di dalamnya akan terdapat getah yang lebih banyak lagi. Adanya getah tersebut membuat rasa buah manggis kurang enak dan manis.

Tips sederhana ini akan sangat membantu kita. Setelah mengetahui buah manggis yang bagus maka kita nanti tidak akan salah pilih ketika mau membelinya. Kita bisa mendapatkan buah yang manis dan segar akhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *