Cara Memasang CCTV Agar Efektif

Cara Memasang CCTV Agar Efektif

Hari ini kita sudah sangat sering mendengar yang namanya CCTV. Namun, tetap saja ada diantara kita yang belum tahu apa itu CCTV. Sebagai tambahan pengetahuan CCTV kependekan dari Closed Circuit Television yang artinya televisi sirkuit tertutup. Peralatan CCTV kini sudah banyak yang menggunakan. Awalnya dulu hanya di perkantoran, perusahaan besar, toko swalayan, dan tempat-tempat umum yang penting lainnya. Tetapi, kini CCTV sudah dipakai oleh siapa saja. Termasuk pula masyarakat yang memasang CCTV ini di rumahnya sendiri.

Bilamana kita hendak memasang CCTV di rumah sendiri atau tempat lainnya maka kita perlu mengetahui caranya. Peralatan CCTV ini terbilang tidak murah harganya. Untuk itu dalam pemasangannya nanti perlu memperhatikan banyak hal supaya benar-benar pas. Dengan begitu kita bisa mendapatkan manfaat dari CCTV ini secara maksimal. Dalam pemasangan CCTV ada tekniknya tersendiri yang wajib kita ketahui. Baiklah, kita simak saja beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika memasang CCTV.

  1. Menentukan titik lokasi yang akan dipasangi dengan CCTV
    Perangkat CCTV setidaknya terdiri dari kamera, Digital Video Recorder atau DVR, dan monitor. Yang perlu kita perhatikan betul ialah menentukan titik lokasi yang hendak dipasangi dengan kamera. Dari kamera ini nantinya bisa merekam segala hal yang ditangkapnya. Kita bisa menyaksikan segala hal yang ditangkap kamera melalui monitor yang tersedia. Selama 24 jam nonstop kamera bisa merekam segala hal yang ditangkapnya. Untuk itu, sangat penting kita menempatkan posisi kamera. Maka perlu ditentukan terlebih dahulu titik lokasi yang akan dipasangi dengan CCTV ini.
  2. Menentukan target jangkauan yang akan diawasi
    CCTV memang memiliki fungsi bisa merekam segala kejadian di lokasi yang terjangkau oleh kamera. Bentuk rekaman tersebut berupa visual. Namun ada pula CCTV yang sekarang bisa merekam suaranya. Tetapi pada umumnya, CCTV merekam gambar saja. Untuk itu kita harus menentukan target jangkauan yang akan diawasi dengan CCTV tersebut. Pemasangan kamera perlu mempertimbangkan jangkauan tempat yang akan diawasi dengan CCTV. Ada beberapa kamera CCTV yang bekerja memakai jaringan wifi. Maka kita pun mesti jeli dalam menempatkan kamera CCTV sehingga masih dalam titik yang terkoneksi dengan jaringan wifi. Sehingga nantinya dapat bekerja dengan optimal kameranya.
  3. Memilih kamera CCTV yang bagus
    Kamera sangat berpengaruh dalam menentukan kualitas gambar yang kita terima. Setiap CCTV punya spesifikasi masing-masing. Yang perlu kita perhatikan adalah memilih CCTV yang mampu menghasilkan resolusi gambar yang jelas. Sehingga rekaman yang kita lihat akan begitu bagus dan berkualitas. Termasuk pula kita perlu memilih kamera yang memiliki daya tahan yang baik. Kamera yang tidak mudah bermasalah atau bahkan rusak. Ada kamera CCTV yang khusus dipasang di dalam rumah atau in door. Ada pula kamera yang khusus dipasang di luar rumah atau out door. Untuk kamera jenis out door ini ada beberapa fasilitas tambahan yang dimilikinya. Misalnya saja bentuknya mampu melindungi kamera dari sengatan panas matahari dan juga air hujan. Kamera out door pun mampu mengatur eksposur dari cahaya matahari. Dengan begitu gambar yang direkamnya akan begitu jernih.
  4. Menentukan sudut kamera
    Pemasangan CCTV tetap perlu memperhatikan sudut kamera. Perhitungan sudut kamera ini diambil dari ketinggian rumah atau bangunan yang hendak dipasangi kamera CCTV. Disarankan besar sudutnya antara 100-115 derajat.

Sangatlah penting kita memperhatikan cara di atas tatkala hendak memasang CCTV di rumah. CCTV memang sangat penting untuk sekarang ini. Pemasangan CCTV akan meningkatkan sistem keamanan pada suatu tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *